Konsumsi Ubi Ungu Cegah Kanker

Seperti kita semua tahu, ubi ungu kaya akan nutrisi. Namun, apa yang lebih berharga, di antara 20 jenis sayuran anti-kanker yang dirilis baru-baru oleh National Cancer Research Center Jepang, peringkat ubi ungu pertama.

Sel-sel kanker berasal dari sel epitel tubuh manusia, sedangkan ubi ungu kaya pati, karoten serta sepuluh jenis elemen seperti kalium, besi dan sebagainya. Nutrisi ini memiliki berbagai efek pada tubuh manusia, seperti melindungi integritas struktural dari sel epitel manusia, menghambat aktivitas virus, menghalangi pembentukan nitrosamin pada saluran pencernaan, menghilangkan toksisitas merkuri, kadmium, arsenik dalam makanan atau lingkungan, serta menghalangi proses karsinogenik dari logam beracun. Akibatnya, ubi ungu dianggap oleh para ahli sebagai makanan kesehatan yang mengandung nutrisi paling seimbang.

Terlebih lagi, khasiat ubi ungu mengandung zat unik yang disebut dengan DHEA (dehydroepiandrosterone), yaitu sejenis hormon steroid yang disekresi oleh kelenjar adrenal dan mirip dengan androgen. Zat ini tidak hanya dapat mencegah kanker, tetapi juga dapat memperpanjang hidup manusia. Banyak data telah mengkonfirmasi bahwa DHEA dapat secara efektif menghambat terjadinya kanker payudara dan kanker usus besar.

Namun, ubi ungu mengandung beberapa enzim gasifikasi. Jika Anda makan terlalu banyak, kemungkinan untuk menyebabkan mulas, regurgitasi asam, distensi abdomen, bersendawa dan gejala lainnya. Akibatnya, Anda harus memperhatikan untuk tidak makan terlalu banyak ubi ungu. 150 gram setiap kali adalah tepat. Selain itu, orang yang menderita gangguan pencernaan juga harus berhati-hati ketika makan ubi ungu. Kelemahan dari ubi ungu adalah kurangnya protein dan lemak. Akibatnya, yang terbaik adalah untuk makan ubi ungu bersama dengan makanan lain yang kaya protein dan lemak.

Terakhir namun tidak sedikit, Anda harus memperhatikan untuk tidak makan ubi ungu dengan bintik-bintik hitam di permukaan. Karena jika ubi ungu tampak coklat atau hitam pada permukaan, ini berarti telah terkontaminasi oleh alternaria brassicicola. Racun diberhentikan oleh alternaria brassicicola mengandung ubi ungu keton alkohol, yang akan membuat ubi ungu menjadi pahit dan keras, dan membawa bahaya ke hati manusia. Aktivitas biologis toksin ini tidak dapat dihancurkan tidak peduli dengan merebus dan mengukus dengan air, atau memanggang dengan api. Akibatnya, makan ubi ungu dengan bintik-bintik hitam dapat menyebabkan keracunan.

Waah ternyata banyak ya khasiat ubi ungu. Tunggu apa lagi, jangan ragu-ragu untuk memperbanyak konsumsi ubi ungu. Buat yang bosan dengan ubi ungu yang diolah secara tradisional, kini telah hadir egg roll ubi ungu sebagai oleh-oleh makanan khas daerah yogyakarta.



6 comments ↓

#   deri on 10.01.13 at 3:33 pm     

Great post. Sangat bermanfaat

#   Aisyah on 11.28.13 at 9:13 pm     

Dapat pengetahuan baru nih.. Artikel yang mencerahkan dan bermanfaat. Terima Kasih

Leave a Comment